KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatNya sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha
semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Sebagai manusia biasa,
penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik
penulisan maupun tata bahasa. Meskipun demikian penulis berusaha sebisa mungkin
menyelesaikan makalah ini meskipun tersusun sangat sederhana.
Penulis menyadari tanpa kerja
sama antara pengampu kami bapak Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, dan penulis serta
beberapa kerabat yang memberi berbagai masukan yang bermanfaat bagi penulis
demi tersusunnya makalah ini. Untuk itu penulis mengucapakan terima kasih telah
bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi kelancaran
penyusunan makalah ini.
Demikian semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran
serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan internet
menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan
kemampuan untuk berinteraksi dengan
individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang
sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh
komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak
kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang
paling terkena dampak
dari perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi
serta paling cepat tumbuh. Mobilitas
manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa
dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah
tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk
menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih
dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh
manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing
dan berhasil berbisnis di dunia maya.aimana internet, e-business dan e-commerce
tersebut.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
yang dimaksud dengan e-commerce ?
2. Apa
saja jenis-jenis e-commerce ?
3. Dampak
positif dan negatif apa saja dalam e-commerce ?
4. Apa
saja contoh e-commerce ?
5. Apa
kelebihan dan kelemahan e-commerce ?
6.
Bagaimana factor berbisnis dalam
e-commerce ?
C. TUJUAN
MASALAH
Tujuan dalam pembahasan
makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian e-commerce, jenis-jenis
e-commerce, dampak pasitif dan negatif dalam e-commerce, contoh e-commerce,
kelebihan dan kekurangan e-commerce, dan untuk mengetahui faktor berbisnis
dalam e-commerce.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN E-COMMERCE
E- commerce (electronic
comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system
elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan
computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran
data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan
data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sementara
itu kalakota dan Whinton mendefinisikan e-commerce dari beberapa perspektif,
antara lain sebagai berikut:
· Perspektif komunikasi, e-commerce
adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon atau
jalur komunikasi lainnya.
·
Perspektif layanan, e-commerce adalah alat yang digunakan untuk
mengurangi biaya dalam pemesanan pengiriman barang.
·
Perspektif proses bisnis, e-commerce adalah aplikasi teknologi menuju
otomatisasi transaksi bisnis.
·
Perspektif online, e-commerce adalah
menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet
dan jaringan jasa online lainnya.
Seluruh definisi yang
dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen
pembeli, penjual, barang dan jasa,media yang digunakan dalam hal ini adalah
internet.
Perkembangan teknologi
informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan
e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan
komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan
interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini
internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce,
sehingga e-commerce pun menjadi identik dalam menjalan bisnis di internet.
Dengan menggunakan
teknologi informasi, e commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu
perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis.
Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan
mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. E commerce dapat
meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingega dapat
meningkatkan kemampuan perusahaan yang konsisten.
B.
jenis-jenis e-commerce
Ø business to
business (B2B)
business to business e-commerce umumnya mengunakkan
mekanisme electronic data interchange.
Ø Business to
cosumer (B2C)
Business to cosumer e-cummerce memiliki mekanisme
untuk mendekati consumer.
Ø Perdagangan
kolabratif (collaborative commerce)
Kolaborasi semacam ini sering kali terjadi antara
dan dalam mitar bisnis sepanjang rantai pasokan.
Ø Consumen to
consumen (C2C)
Di sebut juga sebagai pelangan ke pelangan yaitu
orang yang menjual produk dan jasa kesatu sama lain.
Ø Consumen to
business (C2B)
Kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu, dan
pera pemasok bersaing untuk menyediakan peroduk atau jasa tersebur ke konsumen.
Ø Perdagangan
intrabisnis ( intraorganisasional)
Dalam situasi ini perusahaan mengunakan e-commerce
secara internal untukperbaikan operasinya.
Ø Pemerintah
kewarga (government to citizen –G2C)
penggunaan teknologi internet secara umum dan
e-commerce secara khusus untuk mengirimkan informasi dan layanan publik ke
warga, mitra bisnis, daqn pemasok entitas pemerintah, serta mereka yang
berkerja di sector bublik.
Ø Perdagangan
mobile ( mobile e-commerce – m-commerce)
Ketika e-commerce dilakukan dalam lingkungan
nirkabel, seperti pengunaan telepon seluler berbelanja.
C. Dampak
positif dan negative e-commerce
1. Dampak
positifnya:
·
Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan
yang tidak bias ditemui di system transaksi tradisional.
·
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
·
Menurunkan biaya operasional (operating cost)
·
Melebarkan jangkauan (global reach)
·
Meningkatkan customer loyality
· Meningkatkan
supplier management
·
Memperpendek waktu produksi
·
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
2. Dampak
negatifnya:
·
Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang
penipu mentranfer uang dari rekening satu ke rekening lainya atau dia telah
menganti semua data financial yang ada.
·
Pencurian informasi yang berharga.
·
Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan.
·
Pengunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
·
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
·
Kerugian yang tidak terduga.
D. Contoh
e-commerce
1.
Pembelian buku melalui online
2.
Pembelian elektronik melalui online
3.
Pembelian kendaraan melalui online
4.
Pembelian pakaian melalui online, dll.
E. Kelebihan
dan kekurangan e-commerce
Kelebihan e-commerce:
·
Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang
dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e-commerce:
·
Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu
kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan
terjadi.
F.
Berbisnis dengan e-commerce
Sebuah perusahaan e commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekutan produk saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal pengiriman
yang tepat waktu. Factor yang harus diperhatikan dalam berbisnis e-commerce:
Ø Menyediakan
harga yang kompetitif
Ø Adanya jasa
yang handal
Ø Menyediakan
informasi mengenai batrabg dan jasa yang lengkap
Ø Adanya
kemudahan dalam kegiatan perdagangan
G. Contoh Nyata E-Commerce
LAZADA
1.Pengertian
LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam
jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi,
alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan
traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan
merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia TenggaraGrup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA
Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan
jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket InternetRocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang
sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan
dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling,Groupon (sebelumnya CityDeal), dll
2. Cara menggunakan layanan di
LAZADA
Untuk
menggunakan layanan berbelanja di Lazada, pengguna diwajibkan untuk memiliki
akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar/membuat akun, bisa dilakukan dengan klik
login pada halaman muka Lazada, lalu akan muncul pop-up untuk login dan di situ
ada menu untuk daftar. Untuk pendaftaran akun cukup dengan mengisi kolom-kolom
data yang tersedia di situ. Dibutuhkan alamat e-mail untuk mendaftar akun di
Lazada. Apabila user kesulitan dengan pendaftaran akun dengan metode pengisian
data, user tidak perlu khawatir karena ada menu pendaftaran/login dengan alamat
Facebook.
3.
Layanan LAZADA
Bayar di Tempat
Bayar di
Tempat merupakan layanan metode pembayaran di mana pelanggan dapat membayar
barang yang dipesan kepada kurir saat mereka menerima barang pesanan mereka.
Layanan Bayar di Tempat dapat dilakukan di kota- kota besar di Indonesia
Pengembalian Barang dalam 14 Hari
LAZADA
Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan
penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau
ketidaksesuaian barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara
mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan
diproses lebih lanjut.
Gratis Ongkos Pengiriman
Kini LAZADA
Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan
tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000.
Program Cicilan 0%
LAZADA
menawarkan sistem cicilan dengan bunga 0% untuk berbelanja produk-produknya.
Sistem cicilan ini memiliki jangka waktu cicilan selama 3 bulan dan 6 bulan,
untuk semua produk yang ada di Lazada dengan minimum pembelian sebesar Rp
1.000.000,-. Bank yang telah berkerja sama dengan LAZADA adalah: BCA, Bank
Danamon, BII, dan Standard Chartered Bank. Setiap pelanggan yang melakukan
pembelian dengan menggunakan kartu kredit dari bank yang menjadi partner LAZADA
dapat mengikuti program angsuran ini.
Pre-order Product
LAZADA
menjual beberapa produk dengan permintaan yang tinggi bahkan sebelum produk
tersebut dirilis dengan metode pre-order. Produk ini sudah terlebih dahulu
populer dan ditunggu-tunggu oleh banyak pembeli di Indonesia, dan Lazada
memberikan fasilitas pre-order sehingga pelanggan Lazada dapat memiliki produk
ini pertama kali tanpa repot mengantri atau berebutan dengan pembeli lain.
Mastercard Monday
LAZADA
memiliki program promosi mingguan bernama Mastercard Monday. Dalam program ini,
setiap pelanggan yang memiliki kartu kredit MasterCard akan mendapatkan
potongan harga 10% untuk setiap jenis barang di berbagai kategori. Diskon ini
hanya ada di hari Senin apabila melakukan transaksi dengan menggunakan kartu
kredit MasterCard dengan minimal pembelanjaan Rp 800.000. Pembelanjaan di LAZADA
menggunakan kartu kredit MasterCard ini juga mendapatkan cicilan dengan bunga
0%.
Online Revolution 12.12.12
LAZADA
mengadakan event diskon yang diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2012
(12.12.12) dengan tajuk Online Revolution 12.12.12, Online Shopping Is The
Future. Event promo yang diprakarsai oleh Lazada ini juga diikuti oleh beberapa
raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yaitu Zalora.co.id, Plasa.com,
Fimelashop.com, Fazzione.com, Foodpanda.com, BerryBenka.com, PinkEmma.com,
damniloveindonesia.com dan Bilna.com.
Di tiap
jamnya, LAZADA memberikan penawaran diskon dan mengumumkan waktu kapan tepatnya
melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dengan tagar
#1212Sale untuk sehingga pelanggan disarankan untuk selalu memantau saluran
media sosial milik Lazada untuk mengikuti produk mana yang tengah memiliki
penawaran atau diskon.
Program Promosi Lainnya
LAZADA juga
terus mengadakan program promosi tematik lainnya secara mingguan, pada hari
raya, hari besar Nasional, atau peristiwa-peristiwa khusus seperti Christmas
Sale, New Year New Look, Sale Imlek, Bersih-bersih Banjir, Flash Sale, dan
Belanja Akhir Minggu (BAM!)
Jenis Produk
LAZADA
Indonesia memiliki pilihan produk mulai dari elektronik, gadget IT, peralatan
eletronik rumah tangga, alat kesehatan dan kecantikan, buku, CD musik, mainan
anak-anak, peralatan bayi, perlengkapan traveling, dan olahraga. Kini Lazasda
juga mulai merambah produk fashion seperti pakaian, tas, dan aksesoris.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
E- commerce (electronic
comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system
elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan
computer lainya.
Pengembangan aplikasi e-commerce
bagi sebuah perusahaan atau lembaga merupakan proses yang cukup kompleks.
Melibatkan beberapa organisasi atau situs dalam penanganan sekuriti dan
otorisasi. Popularitas e-business di penghujung abad 20 dan di awal milenium
baru ini sesungguhnya ditunjang oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu (1) faktor
pasar dan ekonomi, diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian
global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen yang semakin
bertambah besar, (2) faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan
karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan
akan praktis etis, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan
tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik, dan (3) faktor
teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi
yang muncul hampir setiap waktu, information overload, dan berkurangnya rasio
biaya teknologi terhadap kinerja.
Perangkat lunak aplikasi
e-commerce dalam dunia
bisnis dapat mendukung
pemotongan rantai distribusi sehingga konsumen dapat memperoleh suatu
produk dengan harga yang lebih murah.
Jenis antarmuka web
dipilih dengan pertimbangan fleksibilitas implementasi perangkat lunak ini
yang dapat dilakukan di jaringan
intranet maupun internet, kemudahan untuk deployment, serta kemampuan
cross platform.
DAFTAR PUSTAKA
http://nurwahda.blogspot.com/2013/01/tugas-makalah-e-commerce.html
http://vially20.wordpress.com/makalah-e-commerce/
http://lazada.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar